You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Anjani
Desa Anjani

Kec. Suralaga, Kab. Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Selamat Datang di Website Resmi Desa Anjani Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat Desa Anjani Merupakan Keberagaman Lombok Timur -- selengkapnya...

KKN PMD UNRAM Gelar Pelatihan Pertolongan Pertama

KKNUNRAM 01 Februari 2024 Dibaca 41 Kali
KKN PMD UNRAM Gelar Pelatihan Pertolongan Pertama

Kegiatan pengabdian pada masyarakat dilaksanakan dalam bentuk sosialisasi dan simulasi pelatihan pertolongan pertama pada kecelakaan. Kegiatan ini salah satu program yang disusun oleh Mahasiswa KKN Universitas Mataram dengan tema besar “Desa Tangguh Bencana” sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat khususnya di Desa Anjani, Kecamatan Suralaga, Lombok Timur. Kegiatan sosisalisasi dan  simulasi pelatihan P3K ini diselenggarakan pada tanggal 28 Desember 2023 berlokasi di Wisata Kolam Embulan Boroq Dewi Anjani dengan mengundang pemateri dari PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Lombok Timur. 

Ketua KKN PMD Universitas Mataram Rijal Muhammad Farizky mengucapkan terimakasih kepada kepala desa Anjani, Karang Taruna, pemuda desa Anjani dan Pokdarwis (kelompok sadar wisata) yang telah menghadiri undangan sosialisasi dan simulasi pelatihan pertolongan pertama pada kecelakaan serta ucapan terimakasih kepada pemateri dari PMI Kabupaten Lombok Timur.

“Berdasarkan tema besar kami yaitu Desa Tangguh Bencana yang berarti desa yang memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman bencana, mempunyai kesanggupan untuk mandiri dalam beradaptasi dan menghadapi suatu bencana serta mampu dengan segera memulihkan diri dari dampak bencana yang merugikan. Bencana merupakan peristiwa yang mengancam dan menganggu kehidupan masyarakat yang disebabkan oleh faktor alam, faktor nonalam maupun faktor manusia yang mengakibatkan korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis. Melalui kegiatan sosialisasi dan simulasi pelatihan P3K ini, diharapkan masyarakat desa Anjani dapat lebih peka terhadap ancaman suatu bencana. Selain itu melalui kegiatan ini masyarakat desa diharapkan bisa mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan pertama kali apabila terjadinya suatu bencana atau kecelakaan,” jelasnya.

Berdasarkan hasil survey wawancara kepada pengurus kolam renang oleh Mahasiswa KKN Universitas Mataram bahwa pernah terjadi kecelakaan ringan pada balita di sekitar kolam yang menyebabkan luka pada anak tersebut. Oleh karena itu, diharapkan dengan adanya sosialisasi dan simulasi pelatihan tentang Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K), Desa Anjani akan lebih siap dalam menyikapi kecelakaan yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Apabila hal-hal yang tidak diinginkan terjadi maka pengurus kolam renang atau Pokdarwis (kelompok sadar wisata) bisa memberikan pertolongan pertama dalam mengatasi hal tersebut. Kegiatan Sosialisasi dan Simulasi Pelatihan tentang Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) ini dilaksanakan dengan target pesertanya yaitu Karang Taruna, Pemuda Desa Anjani dan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata). Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Desa Anjani Muhammad Said, S.P.

PMI Kabupaten Lombok Timur menjelaskan materi mengenai P3K yang langsung meminta para peserta yang mengikuti kegiatan ini untuk mempraktekan langsung mengenai simulasi bencana dan bagaimana tindakan penyelamatannya. Setiap peserta dibagi menjadi tiga kelompok yang terdiri dari kelompok satu mempraktekan mengenai luka-luka, kelompok dua mempraktekan mengenai pendarahan dan kelompok tiga mempraktekan mengenai evakuasi. Kegiatan Sosialisasi dan Simulasi Pelatihan tentang Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) ini walaupun menitikberatkan pada penyelamatan pada kecelakaan di kolam renang bisa pula diterapkan pada penyelamatan bencana lainnya seperti gempa bumi, kebakaran, dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan untuk mengedukasi para peserta terutama para pemuda desa dengan harapan bisa mengimplementasikannya dikehidupan nyata dan bisa mentransfer ilmunya kepada khalayak umum terutama masyarakat desa yang terbilang awam mengenai pertolongan pertama apabila terjadinya bencana. Serta kepada pengurus kolam apabila terjadi kecelakaan di kolam, maka dengan sigap dapat memberikan pertolongan pertama.

Pemuda desa, Pokdarwis, Karang Taruna serta Kepala desa Anjani sangat mendukung adanya pelaksanaan sosialisasi dan simulasi pelatihan P3K ini. Bahkan membantu dalam memfasilitasi kebutuhan untuk  kegiatan ini. Menurut Kepala desa Anjani, sangat penting adanya kegiatan mengedukasi masyarakat desa mengenai tindakan awal yang harus dilakukan apabila terjadinya  suatu bencana. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat desa bisa lebih siap apabila terjadinya suatu bencana.

“Di desa Anjani ini sebenarnya sangat minim terjadinya bencana, akan tetapi kami selaku warga desa Anjani menyambut dengan baik sosialisasi yang diselenggarakan oleh teman-teman KKN PMD Universitas Mataram. Yang dimana sosialisasi ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat desa terkait dengan ancaman bencana yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi tanpa bisa diperkirakan. Dengan  adanya pelatihan ini, semoga ilmu yang telah dibagikan serta praktek-praktek mengenai penanganan pada bencana dapat bermanfaat terutama bagi warga desa Anjani”, tutur Kepala Desa Anjani.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image